oleh

Pengolahan Sampah di TPST 3R Sumber Sehat Sugiono Serap Tenaga Kerja Lokal

-Ekonomi-158 views

Kab. Malang, Radar Pagi – Program Infrastruktur Berbasis Masyarakat (IBM) yang diinisiasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI (KemenPUPR) bertujuan untukmendorong terciptanya perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Namun siapa sangka, dengan kehadiran Sanitasi Berbasis Masyarakat (Sanimas) dan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS3R) justru turut memberikan manfaat lain, yakni mendorong terciptanya sektor-sektor produktif yang bernilai ekonomi.

Contohnya, seperti TPS3R di Desa Sumber Pasir Kecamatan Pakis Kabupaten Malang, Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)  Sumber Sehat yang mampu mendukung kegiatan kelestarian dan kebersihan lingkungan.

Ketua TPST 3R Sumber Sehat Sugiono menjelaskan, selain menciptakan suatu bisnis, kegiatan pengelolaan sampah di TPS3R ini juga membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Ada sebagian pengelola sampah yang merupakan ibu-ibu rumah tangga.

“Yang uniknya itu ibu-ibu muda, kami libatkan dalam pengelolaan sampah ini. Tadinya mereka yang  menganggur. Namun kami ajak untuk mengelola sampah. Dari 5 orang sekarang sudah 7 orang,” ungkap Ketua KSM Sumber sehat  Sugiono kepada Radarpagi.com, Selasa (24/12/2019).

Lanjut Sugiono, apa yang sudah dikelola SKM ini sudah berjalan semenjak 2014 ini, bukan hal yang mudah, semua butuh proses, kerja keras dan penuh perjuangan.

“Ibu-ibu dan bapak-bapak yang bekerja di sini juga seperti keluarga. Jadi saya minta kepada dinas terkait agar TPST ini tetap dikelola SKM, karena perjuangan kami dengan para tenaga kerja bukan hal yang mudah, kesabaran serta perjuangan kami tolong dihargai. 5 tahun saya berjuang agar bisa bermanfaat untuk wong cilik,” katanya. (Med)

News Feed