oleh

Sebelum Masuk Jurang, Bus Sriwijaya Senggol Mobil dan Masuk Selokan

-Hukum-162 views

Palembang, Radar Pagi – Kecelakaan maut bus Sriwijaya jurusan Bengkulu–Palembang pada Senin 23 Desember 2019, pukul 23.15 WIB, kemarin menewaskan 28 penumpang dan 13 lainnya luka-luka. Diduga masih ada korban tewas yang belum ditemukan karena saat tragedi terjadi, bus tersebut membawa lebih dari 50 orang.

“Jadi masih ada penumpang yang belum ditemukan, karena baru 41 korban tewas dan selamat yang diketahui. Untuk penyebab tim akan melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara),” ujar Kakorlantas Mabes Polri Irjen Istiono, Selasa (24/12/2019).

Sebelum terjadi kecelakaan, ada dua insiden yang dialami Bus Sriwijaya tersebut, yakni bersenggolan dengan mobil travel yang berujung damai di tempat dan bus sempat masuk ke selokan.

“Dari cerita korban yang selamat, bus sempat mengalami insiden, yakni serempetan dengan mobil lain dan masuk ke selokan,” ujar  Istiono.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) diketahui sudah menerjunkan tim untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan maut bus Sriwijaya yang menewaskan 26 orang di kawasan Pagaralam tersebut.

“Sudah 4 orang (dikirim),” kata Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, Selasa (24/12/2019).

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan meminta KNKT dan Polri mengusut tuntas kejadian serta penyebab kecelakaan maut yang menewaskan 28 korban jiwa. Hal itu diperlukan agar peristiwa serupa tidak terulang.

“Saya juga minta KNKT dan Kepolisian untuk mengusut tuntas kejadian ini serta penyebabnya supaya ke depannya tidak terulang kejadian serupa lagi. Kalau nanti hasilnya operator tidak menjamin keselamatan kendaraan dalam arti tidak laik jalan maka bisa saja nanti operator untuk bertanggungjawan secara hukum,” kata Kepala Humas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Pitra Setiawan. (igo)

News Feed