oleh

Menghafal Al Qur’an Jadi Kegiatan Liburan Siswa MIN 2 Sukoharjo

-Nasional-170 views

Sukoharjo, Radar Pagi – Suasana pagi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Sukoharjo tidak seperti masa liburan. Sejumlah siswa terlihat membuka Al Qur’an dan membaca secara pelan-pelan. Beberapa ustadz membimbing siswa untuk membaca dan menghafalkannya.

Liburan akhir semester ini memang dimanfaatkan oleh siswa di madrasah tersebut untuk menghafal Al Qur’an. Meskipun rata-rata tempat tinggalnya jauh dari madrasah, beberapa siswa tersebut sangat antusias datang ke madrasah.

Salah satu siswa, Athaya Syadza Nazifah, menuturkan bahwa setiap pagi di antar orang tuanya untuk datang ke madrasah. Meskipun jarak 5 kilometer harus ditempuhnya, namun Dia senang bisa mengisi liburannya dengan hal yang bermanfaat.

“Saya ingin menjadi hafidzah. Saat ini saya sudah hafal surat pada juz 30 dalam Al Qur’an. Semoga liburan ini bisa hafal juz 29 setidaknya setengahnya,” harapan sisiwi kelas 4 ini.

Seluruh kegiatan menghafal Al Qur’an selama liburan dikelola oleh rumah tahfidz Daarul Hufadz yang merupakan organisasi bidang Imtaq madrasah. Koordinator Daarul Hufadz, Rudiyanto, ketika ditemui menjelaskan bahwa selama liburan diisi dengan kegiatan yang positif.

“Kami mengajarkan ke siswa untuk selalu mengisi liburan dengan kegiatan yang bermanfaat dan menjadi bekal siswa nantinya. Selama liburan ini Daarul Hufadz membimbing siswa menghafal Al Qur’an dengan intensif,” kata Rudiyanto pada Sabtu (28/12/2019).

Lebih lanjut Rudiyanto menambahkan bahwa saat ini sedikitnya 55 siswa sudah hafal juz 30. Diantara siswa tersebut bahkan ada yang sudah hafal 6 juz. Orang tua siswa juga sangat mendukung kegiatan tersebut dan tidak sedikit yang memberikan bantuan konsumsi selama kegiatan.

“Setiap hari ada yang bershodaqoh makanan dan minuman. Hal ini membuat siswa menjadi semangat untuk menghafal. InsyaAllah ke depannya kami akan mengembangkan program ini  sehingga lebih banyak yang ikut,” ujar Rudiyanto. (prynt)

 

News Feed