oleh

Geert Wilders Gelar Lomba Kartun Nabi Muhammad

Amsterdam, Radar Pagi – Geert Wilders kembali bikin ulah. Politisi anti-Islam dari negeri Kincir Angin, Belanda, itu kembali mengelar lomba kartun karikatur Nabi Muhammad SAW. Dalam unggahannya di jejaring Twitter, dia meminta orang-orang untuk mengirim gambar kartun mereka.

Menurut dia, lomba tersebut telah memungkinkannya untuk menekankan pentingnya kebebasan berbicara. “Kebebasan berbicara harus menang atas kekerasan dan fatwa-fatwa Islam,” tulis Wilders di Twitter, dilansir di The Independent, Senin (30/12/2019).

Lomba tersebut berlangsng singkat, Wilders baru membukanya pada Sabtu (28/12/2019) dan pada Senin (30/12/2019) dia sudah mengumumkan pemenangnya.

“Misi selesai. Akhir dari kontes,” tulisnya dalam sebuah judul untuk gambar yang dia katakan adalah gambar pemenang.

Siapa nama pemenang lomba tidak dia sebutkan, namun gambar yang menang itu itu memperlihatkan seorang lelaki sedang marah dengan janggut dan pakaian hitam.

Wilders (56) adalah politikus sayap kanan di Belanda. Ia kerap melontarkan ujaran kebencian terhadap imigran dan warga Muslim.
Saat ini Wilders hidup di safe house. Ia juga mendapat pengawalan 24 jam yang sudah disetujui oleh Pemerintah Belanda.

Dia pernah menggelar kompetisi serupa pada tahun lalu, namun dibatalkan lantaran diprotes dan Wilders mendapat ancaman pembunuhan.

Empat tahun lalu, dua pria bersenjata menewaskan 12 orang di kantor majalah satir Prancis Charlie Hebdo di Paris, yang telah menerbitkan kartun satir Nabi Muhammad. (yogie)

News Feed