oleh

Polisi Selidiki Aksi Injak Alquran di Garut

-Hukum-211 views

Bandung, Radar Pagi – Polres Garut menyelidiki video berisi aksi seorang pria menginjak kitab suci Alquran yang viral di media sosial. Pria tersebut mengaku sebagai kafir dan bernama Hary Kurniawan asal Garut. Dia bahkan menantang aparat untuk menangkapnya.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, lantaran unggahan tersebut viral dan meresahkan masyarakat, Polres Garut langsung mengambil langkah penyelidikan.

“Langkah yang sudah kami (kepolisian) lakukan yaitu profiling akun medsos. Masih pendalaman temen-temen Krimsus (Direktorat Kriminal Khusus Polda Jabar). Polres Garut juga melakukan penyelidikan dan pendalaman,” kata Saptono di Mapolda Jabar, Senin (30/12/2019).

Di lain tempat, Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU KH Robikin Emhas meminta masyarakat jangan terpancing dengan kasus dugaan pemuda menginjak-injak Alquran di Garut, Jawa Barat.

Menurut Robikin, masyarakat jangan mengambil tindakan di luar hukum yang justru menodai ajaran Islam.

“Alhamdulillah polisi sigap melakukan penanganan. Kita percayakan pengungkapan peristiwanya kepada polisi. Supaya dilakukan penyelidilan secara transparan dan akuntabel,” kata Robikin dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/12/2019).

Staf ahli Wakil Presiden Ma’ruf Amin itu mengatakan, jika berdasar hasil penyelidikan peristiwa dimaksud merupakan tindak pidana, polisi wajib menindak pelaku. Namun jika apa yang beredar di medsos tersebut adalah hoaks, polisi perlu memburu pembuat hoaksnya. (heri)

News Feed