oleh

Malware Iran Serang Situs Vital AS

New York, Radar Pagi – Serangan dunia maya secara sporadis telah dilakukan Iran pasca kematian Jenderal Iran Qassem Soleimani oleh tentara Amerika Serikat. Sebuah situs web yang dioperasikan oleh pemerintah AS telah dilumpukan oleh hacker dari Iran.

Terbukti beberapa Situs web yang dioperasikan oleh Program Perpustakaan Penyimpanan Federal seperti, fdlp.gov, diretas dan dirusak pada hari Sabtu, dan telah dibuat offline.

Termasuk Bank Komersial Sierra Leone, Perusahaan Teknologi Paru-Paru Taiwan, dan Asosiasi Perlindungan Hak Asasi Manusia India bahkan Situs web untuk perusahaan Inggris bernama Bigways juga dilanda serangan cyber.

Para pakar keamanan telah memperingatkan bahwa serangan dunia maya dapat menjadi bagian dari pembalasan Iran atas serangan udara A.S. pada hari Jumat yang menewaskan Revolusi Jenderal Qassem Soleimani, seorang pejabat tinggi di Iran dan dicintai di sana.

“Kekhawatiran kami pada dasarnya, Ada peluang bagi mereka untuk menyebabkan gangguan di dunia maya dan menyebabkan kehancuran yang nyata, ” kata John Hultquist, direktur analisis intelijen di perusahaan cybersecurity FireEye seperti dilansir dari Dailymail, Minggu (5/1/2020)

Peretas yang didukung negara Iran sudah termasuk yang paling agresif di dunia dan dapat menyuntikkan malware yang memicu gangguan besar pada sektor publik dan swasta AS.

Target potensial termasuk fasilitas publik, seperti pabrik minyak, gas dan sistem transit. Seorang pejabat keamanan siber top A.S. Amerika Serikat memperingatkan bisnis dan lembaga pemerintah agar waspada. (wbs)

News Feed