oleh

Zebra Cross di Kota Malang Banyak yang Mubazir

-NUSANTARA-280 views

Kota Malang, Radar Pagi – Keberadaan zebra cross di ruas jalan raya Kota Malang belum berfungsi secara maksimal. Zebra cross di setiap titik perlintasan jalan, sering dianggap sebagai penghias jalan raya dan tidak diperhatikan lokasi pembuatannya, sehingga terkesan mubazir.

Sebab sejumlah fasilitas umum yang diperuntukkan untuk menyeberang jalan tersebut ternyata berdampingan dengan jembatan penyeberangan jalan, tempat yang memang seharusnya digunakan untuk menyebrang.

Salah satu zebra cross yang tak berfungsi maksimal ditemukan di kawasan Kayutangan, tak jauh dari jembatan penyeberangan yang dibuat oleh Wali Kota sebelumnya.

Koordinator Aliansi Masyarakat Anti Korupsi AMATI Romdhony menyatakan, keberadaan zebra cross di Kota Malang memang perlu dikaji ulang. Sebab keberadaannya tidak sesuai dengan fungsi sebenarnya.

“Dishub Malang jangan asal membuat zebra cross berdekatan dengan jembatan penyeberangan. Kalau mau dibuat, seharusnya diperhatikan fungsi dari fasilitas umum itu sendiri. Percuma saja dibuat kalau tidak berfungsi untuk pejalan kaki menyeberang jalan,” ungkapnya.

Romdhony juga mengutarakan, mungkin saja pihak Pemkot Malang bermaksud memberikan alternatif jenis penyeberangan, sebagai pilihan masyarakat. Menggunakan jalur penyeberangan jembatan atas atau jalur zebra croos diakhir tahun 2019 ini. Akan tetapi dalam membuat zebra cross Dishub Kota Malang Apa sudah koordinasi dengan instansi terkait seperti Satuan Lalu Lintas, Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta lainnya. Sebab hal ini sudah menyangkut dengan estetika.

Oleh karena itu, lanjutnya, dalam pembuatan zebra cross penempatannya harus di kawasan strategis dan tidak terhalang apa pun. Sehingga dimanfaatkan pejalan kaki untuk menyeberang dengan aman dan nyaman.

“Konsep pembangunan kota bukan sekadar hanya membuat fasilitas umum seperti zebra cross. Namun, bagaimana keberadaannya berfungsi dengan baik dan sesuai estetika,” Pungkasnya. (Med)

News Feed