oleh

Ratusan Tulang Tentara Jepang Hilang Dicuri di Raja Ampat

-Hukum-183 views

Raja Ampat, Radar Pagi – Ratusan tulang belulang eks tentara Jepang di sejumlah spot wisata sejarah Kampung Beo Distrik Tiplol – Mayalibit, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, hilang dicuri orang tak bertanggung jawab.

Menyikapi masalah ini, Polres Raja Ampat mulai melakukan penyelidikan. Polisi akan menindak tegas para pelaku pencurian. Selain itu, aparat akan melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk menjaga lokasi-lokasi spot wisata sejarah di Raja Ampat.

Ratusan tulang belulang tentara Jepang tersebut dicuri, diduga diperdagangkan ke Kota Sorong dan beberapa kota besar di Indonesia, bahkan hingga ke luar negeri.

Menurut tokoh masyarakat setempat, Bahri Wawiyai, tulang yang ditemukan di dalam goa berupa tengkorak, rusuk, kaki dan tangan manusia. Awalnya saat ditemukan warga setempat tulang-tulang itu masih utuh dan jumlahnya cukup banyak.

“Dulu di sini kami temukan tulang belulang sangat banyak, dan ini adalah tulang belulang tentara Jepang, mereka dulu bersembunyi di sejumlah goa-goa di sekitar sini karena diserang oleh tentara sekutu, tulang-tulang belulang di sini sangat banyak, puluhan hingga bahkan ratusan.” kata Bahri.

Selain tulang belulang manusia tentara Jepang, di dalam goa-goa tersebut itu juga ditemukan ribuan peluru serta sejumlah peralatan tempur dan alat-alat logisitik yang diduga milik tentara Jepang.

Kapolres Raja Ampat AKBP Andre JW Manuputty di ruang kerjanya mengatakan, telah memerintahkan Kasat Reskrim Polres Raja Ampat dan anggota untuk turun ke lokasi guna menyelidiki kebenaran hilangnya ratusan tulang belulang eks tentara Jepang itu.

“Kami masih melakukan penyelidikan, menggali informasi lebih dalam, dan saya sudah perintahkan Kasat Reskrim saya untuk bergerak cepat untuk menyelidiki kasus ini. Kasat Reskrim sudah ke TKP, memeriksa warga setempat, dan mengecek berapa banyak tulang belulang yang diambil,” AKBP Andre J.W Manuputty. (Yandrilla)

News Feed