oleh

Bawa Senapan Angin, Gembala Katholik Ditembak OTK

Intan Jaya, Radar Pagi – Agustinus Duwitau, seorang gembala Gereja Katolik Roma di Stase Emondi, kampung Emondi, distrik Sugapa, kabupaten Intan Jaya, dilaporkan telah ditembak orang tak dikenal (OTK) pada Rabu 7 Oktober 2020 sekitar pukul 7.40 pagi. Saat ini, korban sedang menjalani perawatan medis di Rumah Sakit Sugapa di Yokatapa.

Korban mengalami luka tembak di pundak kiri hingga tembus di dada kiri atas. Belum diketahui motif dan pelaku yang menembak gembala Agustinus Duwitau. Hanya saja, korban saat menuju ke kampungnya membawa sebuah senapan angin.

“Jadi kami pikir gembala ditembak dari jarak jauh. Karena dia bawa senapan, mungkin mereka (pelaku) curiga bahwa dia anggota TPNPB jadi gembala ditembak,” ungkap seorang sumber.

Pernyataan senada dilontarkan  anggota DPR Papua asal Intan Jaya, Thomas Sondegau. Dia mengatakan korban membawa senapan angin dalam perjalanan berburu hewan. Dia menduga korban ditembak oleh aparat keamanan yang berjaga di sekitar bandara.

“Ia membawa senapan angin untuk berburu kuskus. Mungkin karena membawa senapan itu dia dikira anggota TPNPB sehingga ditembak oleh aparat keamanan dari jarak jauh,” kata Sondegau.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III Kol Czi I Gusti Nyoman Suriastawa meskipun mengakui ada yang tertembak di Intan Jaya hari ini, ia mengatakan masih mengumpulkan informasi lengkap.

“Kemarin kan ada penembakan pesawat. Jadi anggota kami berjaga di sekitar bandara. Informasi lengkapnya akan menyusul,” kata Kolonel Nyoman. (Om Yan)

 

 

News Feed