oleh

Sidang Perdana Rizieq Dikawal 1.610 Personil, Kuasa Hukum: Itu Intimidasi!

-Nasional-448 views

Jakarta, Radar Pagi – PN Jakarta Selatan menjadwalkan sidang pembacaan permohonan praperadilan yang diajukan kuasa hukum Rizieq Shihab, pada Senin, 4 Januari pukul 09.00 WIB. Sebanyak 1.610 personel gabungan TNI, Polri dan Pemda akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya sidang tersebut.

“1.610 personel gabungan akan disiagakan untuk pengamanan sidang praperadilan di PN Jakarta Selatan besok,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono dalam keterangan tertulisnya, Minggu (3/1/ 2021).

Pengamanan tersebut, kata Argo, mulai dari di lokasi sidang hingga pengaturan arus lalu lintas di sekitar PN Jakarta Selatan. “Pengamanan mulai lokasi sidang hingga pengaturan jalur lantas,” ucapnya.

Sementara tim advokasi Rizieq Shihab menilai pengerahan ribuan personel gabungan pada sidang perdana praperadilan yang diajukan pihaknya sebagai bentuk intimidasi terhadap proses pencarian keadilan. Koordinator tim advokasi HRS, Kamil Pasha menegaskan kepolisian tak perlu berlebihan dalam mengamankan sidang permohonan pencabutan status tersangka dan tahanan terhadap kliennya.

Dalam sidang perdana praperdilan itu nantinya, kata Kamil, tim advokasi Habib Rizieq, hanya akan datang bersama lima kuasa hukum. Kamil meyakini, tak ada upaya dari para pendukung Habib Rizieq untuk melakukan aksi pengerahan massa ke PN Jaksel.  “Cuma kita, tim lawyer-nya saja yang datang besok. Nggakkan sidang biasa saja,” ujarnya.

“Malah nantinya buat kita semua jadi ketakutan. Terintimidasi. Mengganggu konsentrasi hakim,” ucapnya. (jar)

News Feed