oleh

Harga Cabai Rawit Merah di Lampung Selatan Tembus Rp100 Ribu

-Ekonomi-483 views

Kalianda, Radar Pagi – Harga cabai rawit merah pada beberapa pasar kecamatan di Lampung Selatan mengalami lonjakan hingga menembus Rp100 ribu per kilogram.

Menurut para pedagang cabai rawit merah kenaikan tersebut dari harga Rp65 ribu per kg. “Kamis harga masih normal,” kata Yogi (44) salah seorang pedagang di pasar Kecamatan Sidomulyo, Selasa (5/1/2021).

Melambungnya komoditas itu disebabkan tidak ada pasokan dari luar daerah dan petani lokal belum panen. “Biasanya pasokan masuk Minggu, tapi hari ini tidak ada agen yang datang,” kata dia.

Berdasarkan keterangan pedagang di Pasar Tamin dan Pasar Pasir Gintung Kota Bandar Lampung, kenaikan harga cabai baik merah maupun rawit sudah tidak terbendung lagi sejak akhir tahun lalu. Pemicu kenaikan karena stok cabai lokal berkurang karena baru memasuki musim tanam pada musim hujan.

“Sejak Desember tahun lalu memang harga cabai sudah naik, belum turun-turun, karena memang dari agen katanya stok cabai berkurang karena cabai local kosong,” kata Lekmin, penjual cabai di Pasar Pasir Gintung.

Menurutnya, cabai yang masuk di pasar tradisional Kota Bandar Lampung kebanyakan dari luar Lampung. Kalaupun ada cabai dari petani lokal jumlahnya tidak banyak. Dampaknya, kata dia, harga dari agen cabai sendiri sudah naik karena ditambah ongkos transportasi dan distribusi.

Mahalnya harga cabai merah dan rawit memengaruhi usaha kecil dan menengah di sektor makanan. Rumah makan atau restoran terpaksa mengurangi takaran pedas karena stok cabai merosot. Biasanya, menu masakan yang menggunakan cabai untuk pemedas rasa, terpaksa dikurangi kadarnya. (jon)

silahkah klik: https://shopee.co.id/toko.wahdah99

silahkan klik: https://www.tokopedia.com/antik77-1

silahkan klik: https://www.lazada.co.id/shop/bakul-herbal-99/

silahkan klik: http://www.buanawebsite.com/garam-mandi-aleya/

silahkan klik: https://www.radarherbal.com/

News Feed