oleh

Bukan AirAsia, Puing Logam di Perairan Kalteng Ternyata Pecahan Roket China!

Jakarta, Radar Pagi – Puing logam berukuran besar yang ditemukan di Teluk Ranggau, Sei Cabang, Kumai, Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, ternyata bukan dari bagian badan pesawat. Puing itu bagian dari badan roket China yang meledak April silam.

“Diperkirakan bahwa serpihan benda yang menyerupai badan pesawat tersebut merupakan bagian dari badan roket milik China yang meledak di angkasa dan jatuh di perairan Laut Jawa dan terbawa ombak terdampar di Teluk Ranggau, Desa Sei Cabang Kecamatan Kumai, Kabupaten Kobar,” kata Kapolres Kotawaringin Barat AKBP Devy Firmansyah kepada wartawan, Rabu (6/1/2021).

Polisi memaparkan di puing tersebut terdapat logo dan tulisan CNSA, yaitu singkatan dari China National Space Administration, atau badan antariksa China. Diduga puing itu adalah bagian dari roket China yang meledak di langit pada 10 April 2020 lalu.

“Saat ini serpihan material dan beberapa temuan di TKP diamankan di Pos AL Kumai menunggu kedatangan team KNKT,” ujar AKBP Devy.

Sebelumnya, Kepala Lapan, Prof Thomas Djamaluddin sudah menduga puing tersebut adalah bagian dari roket yang dipakai untuk peluncuran satelit milik China.

“Dugaan sementara itu bagian roket CZ-3B dengan nomor katalog 4470. Roket digunakan untuk peluncuran Beidou 3-IGSO 3 pada 4 November 2019,” kata Thomas.

Namun benda tersebut terjatuh di wilayah Indonesia. Jatuhnya benda tersebut termonitor satelit milik Lapan.

“Perkiraan jatuh 4 Januari pukul 14.25 WIB di selatan Kalimantan dari ketinggian 118 km,” kata Thomas.

“Ya (bisa disebut sampah antariksa),” katanya.

Puing yang sempat membuat geger warga sekitar itu ditemukan pada Senin (4/1) sore. Polisi mendapat informasi penemuan puing badan pesawat itu dari seorang warga bernama M Yusuf.

Menurut Yusuf, penemuan diduga puing badan pesawat karena di pantai tersebut sedang musim gelombang. Jadi, tidak tertutup kemungkinan diduga puing pesawat tersebut hanyut terbawa arus hingga sampai ke Dusun Teluk Raggau. (jar)

Silahkan klik: https://shopee.co.id/KAPSUL-AURA-BONUS-AIR-RUQYAH-SERBUK-BIDARA-i.237283218.5548358170

Silahkan klik: https://www.tokopedia.com/antik77-1/minyak-mandi-buang-sial-ruwat

Silahkan klik:  https://www.lazada.co.id/products/garam-ruqyah-wahdah-i3980020944-s6627110758.html?search=store?spm=a2o4j.8553159.0.0.32d27e6aVUNLlj&search=store

 

 

News Feed