oleh

Empat Jenderal Ini Calon Kuat Kapolri Baru

-TNI/POLRI-422 views

Jakarta, Radar Pagi – Presiden Joko widodo hingga kini belum mengeluarkan Surat Presiden (Supres) terkait usulan calon kapolri. Namun sejumlah jenderal bintang tiga disebut-sebut berpeluang menggantikan Idham.

Mereka adalah Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli, Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto dan Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis sendiri yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari mendatang sudah berkirim surat kepada Istana meminta pengganti dirinya segera disiapkan. Kapolri menyampaikan agar segera diusulkan calon kapolri pengganti dirinya ke DPR.

“Menyampaikan bahwa beliau akan segera pensiun dan mohon agar segera diajukan calon kapolri pengganti kepada DPR,” kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Rabu (6/1/2021).

Sementara Komisi Kepolisian (Kompolnas) mengaku baru akan menyerahkan calon Kapolri untuk mengganti Kapolri Jenderal Idham Azis kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yakni sebelum anggota DPR selesai melakukan reses 10 Januari 2021. Namun demikian, soal nama-nama calon orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu masih tertutup rapat.

Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta mengatakan, saat ini dibutuhkan figur yang tepat dalam melakukan mitigasi keamanan dalam negeri. Dia menyebut figur itu yang kompeten, diterima oleh organisasi Polri, diterima oleh masyarakat, dan paling penting menjadi pilihan Presiden.

“Perlu beberapa pertimbangan seperti sisa massa kerja hingga pensiun, senioritas, dan rekam jejak kandidat,” kata Stanislaus.

Dengan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang cenderung dinamis, kata dia, ancaman yang asimetris, dan ketidakpastian politik yang tinggi, maka kandidat Kapolri harus mempunyai kompetensi untuk memimpin Polri secara profesional dan menciptakan rasa aman bagi masyarakat.

Sementara Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh kepada wartawan di Jakarta, Kamis (31/12/2020) silam sudah memperkirakan nama calon Kapolri akan diserahkan ke DPR pada pertengahan Januari 2021. Apalago saat ini DPR juga masih dalam masa reses.

“Karena kita masih reses ini. Nanti tanggal 10 kita berakir reses, tanggal 11 masuk, mungkin pertengahan Januari kira-kira surat presiden sudah masuk dan kita bisa melakukan uji kelayakan yang disetujui oleh bapak Presiden,” ujarnya. (jar)

 

Silahkan klik: https://shopee.co.id/KAPSUL-AURA-BONUS-AIR-RUQYAH-SERBUK-BIDARA-i.237283218.5548358170

Silahkan klik: https://www.tokopedia.com/antik77-1/minyak-mandi-buang-sial-ruwat

Silahkan klik:  https://www.lazada.co.id/products/garam-ruqyah-wahdah-i3980020944-s6627110758.html?search=store?spm=a2o4j.8553159.0.0.32d27e6aVUNLlj&search=store

 

News Feed